Travelling ke Kawah Ijen, Nikmati Api Biru yang Mempesona

Travelling ke Kawah Ijen, Nikmati Api Biru yang Mempesona

Travelling ke Kawah Ijen, Nikmati Api Biru yang Mempesona

Kawah Ijen merupakan salah satu keindahan alam yang unik dari Indonesia dan telah mendunia. Tidak hanya wisatawan lokal, Kawah Ijen juga banyak diminati oleh turis asing. Keistimewaan dari travelling ke Kawah Ijen yaitu pemandangan api biru dari belerang yang hanya bisa dilihat saat malam hari. Berikut yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan travelling.

Rute Menuju ke Kawah Ijen
Anda dari berbagai kota atau pun negara harus terlebih dahulu sampai di Banyuwangi. Anda dapat menggunakan kereta api jika ingin lebih cepat aman, dan tidak ribet. Setelah sampai di Kota Banyuwangi, maka Anda langsung menuju ke daerah Paltuding.

Loket sudah buka mulai jam 01.00 dini hari. Anda kemudian akan melakukan pendakian dari Paltuding yang dapat dimulai dini hari sampai dengan jam 12.00 siang harinya. Dari Paltuding menuju Kawah Ijen akan membutuhkan lebih dari 3 jam sesuai dengan stamina yang Anda miliki. Jadi Anda harus sebisa mungkin untuk membeli tiket sebelum jam 12:00 siang.

Harga Tiket Masuk ke Kawah Ijen
Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 di akhir pekan. Wisatawan mancanegara tiket masuk seharga Rp100.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 di akhir pekan. Anda dapat melakukan camping tanpa batas waktu yang ditentukan dengan harga tiket yang sudah dibayar.

Fasilitas di Kawah Ijen
Anda tidak perlu khawatir saat travelling ke Kawah Ijen karena tersedia warung makan dan juga toilet di pintu masuk. Tersedia lokasi parkir roda dua dan juga empat yang aman. Sebelum melakukan pendakian, Anda penyewaan masker sebagai antisipasi selama berada di Kawah Ijen untuk menghindari bau belerang. Tersedia juga oleh-oleh dari Kawah Ijen yang dapat Anda beli.

Sebelum melakukan travelling ke Kawah Ijen, Anda harus menyiapkan stamina. Bagi yang sudah biasa mendaki, tidak menjadi masalah untuk menempuh 3 jam perjalanan agar sampai ke Kawah Ijen. Bagi Anda yang tidak biasa, harus mulai menyiapkan stamina minimal satu minggu sebelum keberangkatan dengan melakukan olahraga yang rutin agar dapat fit saat berangkat.